Selasa, 31 Maret 2015

Mesin Pencari

Google
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQAlsaju3rj8yNQYYydnMy6UF2NgOVidpxTyTIVwo_zJFR0Cu0_yRl6IlQIoUjcP4pEuB-9r3si0pz0GectR-IQJgFDp2C3JcHcslhF0lcBIcL1K2ZFOHZGuNfDJmWdAQ1NtCHQNckJhVz/s1600/BrinPage460.jpg
Google Search (atau Google Web Search) adalah mesin pencari web yang dimiliki Google Inc. Google Search adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia maya.[4] Sekian ratus juta kueri dimasukkan setiap harinya oleh para peselancar web melalui berbagai macam layanan yang disediakan.[5]
Urutan hasil pencarian Google sebagian didasarkan pada peringkat prioritas bernama "PageRank". Google Search memberikan banyak pilihan pencarian kustom dengan operator Boolean seperti: pengecualian ("-xx"), alternatif ("xx OR yy"), dan kartu liar ("x * x").[6]
Tujuan utama Google Search adalah mencari teks di dokumen-dokumen publik yang tersedia di server web (dalam format HTML, PDF, etc.), berbeda dengan data-data lain yang dapat dicari menggunakan layanan semacam Google Image Search. Google Search awalnya dikembangkan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1997.[7] Google Search menyediakan sedikitnya 22 fitur istimewa selain pencarian kata,[8] yaitu sinonim, ramalan cuaca, zona waktu, pergerakan saham, peta, data gempa, jadwal bioskop, bandar udara, daftar rumah, dan skor olahraga. Ada pula fitur istimewa untuk penanggalan, termasuk rentang angka (70..73),[9] harga, suhu, konversi mata uang ("10.5 cm in inches"), perhitungan ("3*4+sqrt(6)-pi/2"), pelacakan paket, paten, kode wilayah,[8] dan penerjemahan bahasa. Pada bulan Juni 2011, Google meluncurkan "Google Voice Search" dan "Search by Image" yang memungkinkan pengguna mencari sesuatu dengan perintah suara dan gambar.[10] Bulan Mei 2012, Google memperkenalkan fitur pencarian semantik Knowledge Graph untuk kawasan Amerika Serikat.
Frekuensi pemakaian sejumlah kueri pencarian telah mencapai tingkatan volume tertentu yang menunjukkan tren ekonomi, sosial, dan kesehatan yang lebih luas.[11] Data mengenai frekuensi pemakaian kueri pencarian di Google (tersedia melalui Google Adwords, Google Trends, dan Google Insights for Search) telah dipakai untuk mengaitkan wabah flu dengan tingkat pengangguran dan menyampaikan informasi lebih cepat daripada metode reportase tradisional dan survei pemerintah.


Pesaing utama Google adalah Baidu dan Soso.com di Cina dan Korea Selatan; Naver.com di Korea Selatan; Yandex di Rusia; Seznam.cz di Republik Ceko; Yahoo! di Jepangdan Taiwan. Pesaing potensial selanjutnya adalah Bing.
Kelebihan
1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2. lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
3. Tampilan yang sederhana.
4. Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
5. Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.

Kekurangan
1. Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.




YAHOO
Yahoo! Search adalah mesin pencari web, yang dimiliki oleh Yahoo! Inc dan per Desember 2009, Yahoo! Search adalah direktori pencarian ke-2 terbesar di web dengan volume permintaan 6,42%, setelah pesaingnya Google di 85.35% dan sebelum Baidu di 3,67%, menurut Net Applications.[2]
Yahoo! Search, awalnya disebut sebagai Yahoo! menyediakan antarmuka pencarian, akan mengirimkan pertanyaan ke indeks pencarian halaman yang dilengkapi dengan direktori situs. Hasilnya disajikan kepada pengguna di bawah merek Yahoo!. Awalnya, tidak ada web yang sebenarnya dan penyimpanan/pengambilan data yang dilakukan oleh Yahoo! sendiri. Pada tahun 2001, indeks pencarian ini didukung oleh Inktomi dan kemudian didukung oleh Google sampai tahun 2004, ketika Yahoo! Search menjadi independen.
Pada 29 Juli 2009, Microsoft dan Yahoo! mengumumkan perjanjian di mana Bing mendukung Yahoo! Search.
Kelebihan Search Engine Yahoo :

*Paling lengkap dibanding search engine yang lain.
*Lebih mudah diakses dibanding search engine yang lain.
*Menyediakan yellow page dan peta.
*Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
*Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
*Fiturnyanya yang komplit.
*Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.

Kekurangan Search Engine Yahoo : 
*Software pendukungnya masih kurang.
*Loading yang lama.
*Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
*Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
*Fitur Y!M msh sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
*Skin untuk Y!M msh sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak








MSN

MSN Search punya banyak inkarnasi, yang didukung oleh orang-orang seperti Inktomi dan Looksmart untuk beberapa tahun. Setelah membeli Inktomi Yahoo! Dan Overture jelas ke Microsoft bahwa mereka perlu mengembangkan produk pencarian mereka sendiri. Mereka meluncurkan preview teknologi mereka mesin pencari mereka sekitar Juli 1 2004. Mereka beralih dari Yahoo secara formal hasil pencarian organik untuk mereka sendiri dalam teknologi rumah di 31 Januari! 2005. MSN mengumumkan mereka membuang Yahoo! Program pencarian iklan pada 4 Mei 2006.
Kelebihan :
- mampu mencari video, musik dan gambar
Kekurangan :
-dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil yang di tampilkan di halaman MSN
-pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya






METACRAWLER
http://photos1.blogger.com/blogger/1866/2893/1600/meta.0.jpg
MetaCrawler adalah mesin (pencari) Metasearch yang memadukan bagian atas web hasil pencarian dari Google, Yahoo!, Bing (sebelumnya Live Search), Ask.com, About.com, MIVA, Looksmart dan mesin pencari populer lainnya. MetaCrawler juga menyediakan pilihan kepada pengguna untuk mencari gambar, video, berita, yelow pages dan white pages. Ini digunakan untuk menyediakan pilihan untuk mencari audio. MetaCrawler adalah merek dagang terdaftar dari InfoSpace, Inc

MetaCrawler awalnya dikembangkan pada tahun 1994 di University of Washington pada saat itu mahasiswa pascasarjana Erik Selberg dan Profesor Oren Etzioni sebagai Selberg’s Ph.D. Qualifying Exam project. Ujian kualifikasi proyek. Awalnya, diciptakan untuk menyediakan lapisan abstraksi yang dapat diandalkan untuk Web awal mesin pencari seperti Webcrawler, Lycos, dan Infoseek dalam rangka studi struktur semantik di Web. Namun, menjadi jelas bahwa itu adalah layanan yang berguna dan memiliki sejumlah tantangan riset.
kelebihan : penemuan dari search engine selain metacrawler diberikan tanda dari mana hasilnya itu didapat.
kekurangan : masih tergantung dengan raksasa search engine yang lain.

BAIDU
Baidu, Inc. (Tionghoa: ; pinyin: Bǎidù, NASDAQ: BIDU) biasa dikenal dengan sebutan Baidu didirikan pada 18 Januari 2000 merupakan perusahaan layanan web yang berpusat di Kampus Baidu yang terletak di Distrik Haidian, Beijing, RRC.[4]
Baidu menawarkan berbagai fasilitas, termasuk mesin pencarian untuk situs web, file audio dan gambar dalam aksara Mandarin. Layanan komunitas dan pencarian yang ditawarkan sebanyak 57 jenis termasuk diantaranya Baidu Baike, sebuah ensiklopedi yang dibangun secara kolaboratif.[5] Baidu didirikan pada tahun 2000 oleh Robin Li dan Eric Xu. Mereka adalah warga RRC yang belajar di luar negeri sebelum akhirnya kembali ke China. Pada Oktober 2012, Baidu berada di peringkat 5 pada ranking Alexa Internet. Pada Desember 2007, Baidu tercatat sebagai perusahaan China yang pertama kali dimasukkan dalam indeks NASDAQ-100.
Pada Januari 2014, kapitalisasi pasar Baidu berdiri pada nilai $55 billion. Merupakan satu dari perusahaan yang didirakan dari nol terukses sepanjang sejarah bila dilihat dari kapitalisasi pasar, pendapatan, pertumbuhan, dan pengaruh budaya.
Layanan Baidu menyediakan indeks 740 miliar lebih laman internet, 80 miliar gambar, dan 10 miliar data mulimedia selain itu Baidu juga memasarkan produk ponsel pintar miliknya dengan nama Changhong H5018.
Baidu juga memilikisi layanan ensiklopedia seperti Wikipediadengan nama Baidu Baike (Tionghoa: 百度百科). Terdapat kontroversi bahwa Baidu bekerjasama dengan pemerintah China dalam program sensor. Baidu.com Inc. adalah merek terdaftar di Kepulauan Cayman.[6]



Kelebihan
1.    Baidu Post Bar menyediakan pengguna dengan permintaan masyarakat berbasis dicari untuk bertukar pandangan dan berbagi pengetahuan dan pengalaman.
2.    Baidu Berita menyediakan link untuk pilihan lokal, berita nasional dan internasional
3.    Cari MP3 Baidu menyediakan link yang dihasilkan algoritma untuk lagu dan file multimedia lainnya yang disediakan oleh penyedia konten Internet.
4.    Baidu Ensiklopedi
5.    Baidu Internet Tv

Kekurangan
1.    Untuk pencarian tdk secepat google /yahoo
2.    Bahsa didominan oleh bahasa mandarin
3.    Jangkauan artikel/ berita yang dimuat lebih sedikit ditimbang dengan google
4.    Penampilan gambar pada baidu kurang jelas
5.    Proteksi dalam baidu bisa dibilang jelek
ALTAVISTA
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxKusM-1F9owYFA4SFbRFrBGi2CWTCORQGDzOHGgsSW-CFRSszg78TOVrT3rJ3uinFbYTvvnENssZ-KYQKO2UEaT8WxNsUzLAXNW6ftHjPN09dYJf-zyMoaDk1ulI-xiDz4ZiBopO8QSb4/s1600/altavista.bmp


PENGERTIAN ALTAVISTA
AltaVista adalah mesin pencari web yang dimiliki oleh Yahoo! AltaVista pernah salah satu mesin pencari paling populer, tetapi popularitasnya menurun dengan munculnya Google.
Pada tahun 2010, Yahoo! mengumumkan bahwa mereka berencana untuk menghentikan situs tersebut. Situs itu ditutup selama 2011, dengan hasil yang mengarahkan ke Yahoo! Search.
SEJARAH ALTAVISTA
AltaVista diciptakan oleh para peneliti di Digital Equipment Corporation 's Western Research Laboratory yang mencoba untuk memberikan layanan untuk membuat file penemuan tentang jaringan publik lebih mudah.
 Walaupun ada beberapa perselisihan tentang siapa yang bertanggung jawab atas ide asli,dua peserta kunci Louis Monier , yang menulis crawler , dan Michael Burrows , yang menulis pengindeks . Nama AltaVista dipilih dalam kaitannya dengan lingkungan perusahaan mereka di Palo Alto. AltaVista adalah publik diluncurkan sebagai mesin pencari internet pada tanggal 15 Desember 1995 di altavista.digital.com.
AltaVista menyediakan layanan terjemahan bebas, bermerek Babel Fish , yang secara otomatis menerjemahkan teks antara beberapa bahasa. Pada bulan Mei 2008, layanan ini kembali dicap sebagai bagian dari Yahoo!
KELEBIHAN (+)
keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
KEKURANGAN (-)
Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.










ALLTHEWEB
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSnNnPFE37NXRQOqLP5nt55qZK2K90qo5HelkCeNkKKiuKt9OtGRycwvtfEjcQwr0NQo2mw4RT4NiB6fw3AuNc-rkQh4KKY7SBZLHYeVCsdUeC7GtYgi8jwrSF8o1y6ArPqc6g6JMQFC4/s1600/alltheweb.jpg
Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTPadalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauhini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file. All The Web(www.alltheweb.com)Internet AllTheWeb adalah mesin pencari yang berjaya pada pertengahan tahun 1999. Initumbuh keluar dari FTP Search, Tor Egge doktor tesis di Norwegia Universitas Sains danTeknologi, yang ia mulai pada tahun 1994, yang pada gilirannya mengakibatkan pembentukan Cepat Cari dan Transfer didirikan pada 16 Juli 1997. Itu digunakanterutama sebagai bagian pertunjukan situs untuk FAST perusahaan mesin pencari.Meskipun menyaingi Google dalam ukuran dan teknologi, AllTheWeb tidak pernahmenjadi populer. 
KELEBIHAN (+)

1.    Kemudahan dalam mencari.
2.    Tampilan yang sederhana seperti Google.
3.    Alltheweb langsung menyediakan fungsi untuk pencarian berita, musik, gambar, dan video.
4.    Menu bantuan terlihat jelas, dan di dalamnya tersedia sejumlah opsi bantuan yang banyak, sehingga sekali lagi kemudahan tampak bagi si pengguna.



KEKURANGAN (-)
1.    Pencarian yang lama dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.
2.    Halaman pencarian hanya dibatasi dengan sebuah garis sehingga membingungkan si pengguna.
3.    Pada link-link yang tidak berguna terkadang masih terlihat dalam beberapa hari, sehingga terlihat kurang aktual. Hal ini menunjukan tidak cepatnya Allltheweb melakukan update.
Lycos
Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas. Proyek Lycos diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren Mauldin dari Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat pada tahun 1994, yang kemudian berubah menjadi suatu perusahaan. Kemudian pada tahun 1995, Bob Davis bergabung dan menjadi CEO dari perusahaan Lycos ini.
Sampai saat ini, Lycos merupakan mesin pencari yang paling dikenal di Amerika Serikat (top ke 25). Lycos juga mendapat ranking ke-5 dalam hal portal Internetnya, setelah Yahoo, MSN, AOL dan MySpace.
Kelebihan Search Engine Lycos :
a.    Lycos mampu mencari data dengan cepat.
b.    Dalam hal pencarian cepat.
c.    Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
d.   Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.
e.    Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com. 

Kekurangan Search Engine Lycos :
a.       Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
b.      Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data.







LOOKSMART
Looksmart adalah pelopor industri periklanan pencarian online. Didirikan pada tahun 1997, Look Samrt salah satu search egine pertama menyediakan kemampuan internet pencari. Selama bertahun-tahun, Look Smart telah menyediakan solusi pengiklannan seperti, MSN, dan Ask adalah salah satu sponsor dari looksmart. Looksmart berfokus pada menghubungkan pengiklan dan penayangan di jaringan pencarian dengan kualitas tinggi tinggi.
Looksmart adalah salah satu Search Egine pencarian iklan terbesar, pengolahannya lebih dari 2 milyar query per hari. Look Smart  melayani iklan berbasis teks yang berkualitas tinggi. Look Smart menyediakan iklan itu secara langsung dengan beragam ribuan pencarian pengiklannan berbayar. Yang paling penting Look Smart menghubungkan pengiklanan dengan protokol jaringan yang berkualitas tinggi. Look Smart berdiri dengan industri terkemuka dengan komitmen terhadap kualitas Protokol Jaringan.
Kelebihan :
Menyediakan produk iklan pencarian dan layanan kepada pengiklan teks
Kekurangan :
Situs ini merupakan yang termasuk berbayar




ASK
Ask yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia : “Tanyakan” adalah sebuah mesin pencari yang berdiri seajak tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen di California. Situs ini dapat mencari informasi secara detail, cara kerjanya mirip google. Browser ini memiliki kemampuan untuk menguraikan data lebih banyak serta menampilkan link lain yang masih memiliki hubungan yang relevan. Ask mempunyai kemampuan simantik dan ekstraksi guna mengenali jawaban-jawaban terbaik untuk pertanyaan user.
Cara kerjanya tidak jauh beda dengan google, user tinggal memasukan keyword lalu klik search. Maka user akan menemukan sederetan hasil beserta link yang mengantar user menuju hasil yang masih relevan. Situs ini di lengkapi beberapa tab yang di katagorikan dalam web, images, dsb.
Kelebihan:
  1. Keunggulannya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan yang diberikan
  2. Lebih canggih dan akan menampilkan lebih banyak informasi pada halaman pertama hasil pencarian ketimbang Google dan Yahoo!
  3. Background dari mesin pencari Ask.com ini bisa diganti-ganti
Kelemahan:
  1. Databasenya kecil
  2. Fitur kurang lengkap
  3. Dari segi tampilan di tinjau biasa saja karena lebih diandalkan dalam pencarian kata
  4. Pencarian kata tidak ada filtering sehingga data yang tidak dicari semua diambil
  5. Tidak adanya pengelompokkan data khususnya dalam pembukaan gambar.
AOL
AOL didirikan pada tahun 1983 dengan nama Control Video Corporation (CVC). Produk tunggal AOL adalah Gameline.
Pada tahun 1983, Steve Case dipilih jadi konsultan pemasaran CVC atas rekomendasi kakaknya, banker investasi Dan Case. bulan Mei 1983, Jim Kimsey menjadi konsultan manufaktur Control Video, tapi dekat kebangkrutan. Kimsey dibawa oleh Frank Caufield tanggal 24 Mei 1985, Control Video direorganisasi sebagai Quantum Computer Services, Inc. dengan Kimsey sebagai CEO, dan Marc Seriff sebagai CTO.
Pada tahun 1985 meluncurkan layanan online khusus buat komputer Commodore 64 dan Commodore 128 dengan nama Quantum Link.
kelebihan :
1.    download di aol lebih cepat
2.    bisa mwmbuat surat elektronik
kekurangannya :
1.    fiturnya sangat kurang
2.    dan mesin pencarinya pun kurang akurat



BING
Bing (sebelumnya Live Search, Windows Live Search, and MSN Search) merupakan situs mesin pencari web (diiklankan sebagai “mesin pengambil keputusan/decision engine”) yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.
Mesin pencari ini diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi diluncurkan pada 1 Juni, menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search.
Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni PowerSet yang telah dibeli Microsoft pada tahun 2008. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Skydrive, Facebook, dan email. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu:
Web untuk pencarian halaman situs atau website.
Images untuk pencarian gambar.
News untuk pencarian berita.
xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
Pada tanggal 29 Juli 2009, Microsoft dan Yahoo! mengumumkan sebuah penawaran, dimana Bing akan menggerakkan Yahoo! Search. Semua pengguna dan mitra Yahoo! Search diharapkan telah mengalami transisi tersebut pada awal 2012.
Pada Oktober 2011, Bing mengumumkan sedang mengerjakan infrastruktur pencarian baru, dengan tujuan memberikan hasil pencarian yang lebih cepat dan sedikit lebih relevan bagi pengguna. Teknologi pengindeksan baru yang dikenal sebagai “Tiger” ini telah dimasukkan ke Bing secara global, sejak Agustus 2011. Pada Mei 2012, Bing mengumumkan rancangan ulang lain ada mesin pencarinya yang mencakup “Bilah sisi” (Sidebar), fitur sosial yang mencari pada jejaring sosial pengguna untuk mendapatkan informasi yang relevan dengan kata kunci pencarian.
KELEBIHAN (+)

1.      Mempunyai fasilitas instant answer. Fasilitas ini merupakan salah satu inovasi performa yang berhasil dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam sistem sehingga memampukan Bing memberikan jawaban.
2.      Hasil pencarian image atau video dapat ditampilkan dan disaring secara detail. Apabila pengguna melakukan pencarian situs atau halaman web yang berisi konten image, maka Bing mampu menyajikan daftar hasil pencarian secara spesifik dan detail.
3.      Kotak detail pada link hasil pencarian. Jika pada situs-situs mesin pencari lainnya, pengguna harus mengklik link yang ditampilkan di halaman tersebut untuk mengetahui isinya. Namun, pada Bing ini, pengguna tidak perlu mengklik link lagi, tetapi hanya perlu mengarahkan kursor pada link tersebut untuk menampilkan kotak detail. Melalui kotak detail inilah pengguna dapat menyimak sekilas informasi tentang link tersebut.
4.      Bing.com ini mesin pencari yang sangat complet, semua yang Anda cari pasti ada.
5.      Sistem filternya bisa kita aktif kan ataudi non aktifkan, jadi anda bisa membuka situs yang diblokir.

KEKURANGAN (-)
1.    Tidak dapat berhitung.
2.    Fiturnya tidak lengkap.
3.    Bing.com kurang di minati oleh pengguna.
4.    Bing.com kurang cepat dalam pencariannya.











Tidak ada komentar :

Posting Komentar