Google
Google Search (atau Google Web Search)
adalah mesin pencari web yang dimiliki Google Inc. Google Search adalah
mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia maya.[4] Sekian ratus juta kueri
dimasukkan setiap harinya oleh para peselancar web melalui berbagai macam
layanan yang disediakan.[5]
Urutan hasil pencarian Google sebagian didasarkan pada
peringkat prioritas bernama "PageRank".
Google Search memberikan banyak pilihan pencarian kustom dengan operator Boolean seperti: pengecualian
("-xx"), alternatif ("xx OR yy"), dan kartu liar ("x * x").[6]
Tujuan utama Google Search adalah mencari teks di
dokumen-dokumen publik yang tersedia di server web (dalam format HTML, PDF,
etc.), berbeda dengan data-data lain yang dapat dicari menggunakan layanan
semacam Google Image Search. Google Search awalnya
dikembangkan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1997.[7] Google Search menyediakan
sedikitnya 22 fitur istimewa selain pencarian kata,[8] yaitu sinonim, ramalan
cuaca, zona waktu, pergerakan saham, peta, data gempa, jadwal bioskop, bandar
udara, daftar rumah, dan skor olahraga. Ada pula fitur istimewa untuk
penanggalan, termasuk rentang angka (70..73),[9] harga, suhu, konversi
mata uang ("10.5 cm in inches"), perhitungan ("3*4+sqrt(6)-pi/2"),
pelacakan paket, paten, kode wilayah,[8] dan penerjemahan bahasa. Pada
bulan Juni 2011, Google meluncurkan "Google Voice Search"
dan "Search by Image" yang memungkinkan pengguna mencari sesuatu
dengan perintah suara dan gambar.[10] Bulan Mei 2012, Google
memperkenalkan fitur pencarian semantik Knowledge Graph untuk kawasan Amerika
Serikat.
Frekuensi pemakaian sejumlah kueri pencarian telah mencapai
tingkatan volume tertentu yang menunjukkan tren ekonomi, sosial, dan kesehatan
yang lebih luas.[11] Data mengenai frekuensi
pemakaian kueri pencarian di Google (tersedia melalui Google Adwords, Google
Trends, dan Google Insights for Search) telah dipakai untuk mengaitkan wabah
flu dengan tingkat pengangguran dan menyampaikan informasi lebih cepat daripada
metode reportase tradisional dan survei pemerintah.
Pesaing utama Google adalah Baidu dan Soso.com di Cina dan Korea Selatan; Naver.com di Korea Selatan; Yandex di Rusia; Seznam.cz di Republik Ceko; Yahoo! di Jepangdan Taiwan. Pesaing potensial
selanjutnya adalah Bing.
Kelebihan
1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2. lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
3. Tampilan yang sederhana.
4. Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
5. Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2. lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
3. Tampilan yang sederhana.
4. Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
5. Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
Kekurangan
1. Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
YAHOO
Yahoo! Search adalah mesin pencari web,
yang dimiliki oleh Yahoo! Inc dan per Desember 2009,
Yahoo! Search adalah direktori pencarian ke-2 terbesar di web dengan volume
permintaan 6,42%, setelah pesaingnya Google di 85.35% dan sebelum Baidu di 3,67%, menurut Net Applications.[2]
Yahoo! Search, awalnya disebut sebagai Yahoo! menyediakan antarmuka
pencarian, akan mengirimkan pertanyaan ke indeks pencarian halaman yang
dilengkapi dengan direktori situs. Hasilnya disajikan kepada pengguna di bawah
merek Yahoo!. Awalnya, tidak ada web yang sebenarnya dan
penyimpanan/pengambilan data yang dilakukan oleh Yahoo! sendiri. Pada tahun
2001, indeks pencarian ini didukung oleh Inktomi dan
kemudian didukung oleh Google sampai tahun 2004, ketika
Yahoo! Search menjadi independen.
Pada 29 Juli 2009, Microsoft dan Yahoo! mengumumkan
perjanjian di mana Bing mendukung Yahoo! Search.
Kelebihan Search Engine Yahoo :
*Paling lengkap dibanding search engine yang lain.
*Lebih mudah diakses dibanding search engine yang lain.
*Menyediakan yellow page dan peta.
*Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
*Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
*Fiturnyanya yang komplit.
*Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu
bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan
keterangan yang cukup jelas.
Kekurangan Search Engine Yahoo :
*Software pendukungnya masih kurang.
*Loading yang lama.
*Satu id yahoo hanya untuk
yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
*Teralu mudah untuk membuat
id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
*Fitur Y!M msh sangat kalah
jauh dengan IM keluaran windows
*Skin untuk Y!M msh sangatlah
simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak
MSN
MSN Search
punya banyak inkarnasi, yang didukung oleh orang-orang seperti Inktomi dan
Looksmart untuk beberapa tahun. Setelah membeli Inktomi Yahoo! Dan Overture
jelas ke Microsoft bahwa mereka perlu mengembangkan produk pencarian mereka
sendiri. Mereka meluncurkan preview teknologi mereka mesin pencari mereka
sekitar Juli 1 2004. Mereka beralih dari Yahoo secara formal hasil pencarian
organik untuk mereka sendiri dalam teknologi rumah di 31 Januari! 2005. MSN
mengumumkan mereka membuang Yahoo! Program pencarian iklan pada 4 Mei 2006.
Kelebihan :
- mampu mencari video, musik dan gambar
Kekurangan :
-dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil yang di tampilkan
di halaman MSN
-pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan
pada halaman pencariannya
METACRAWLER
MetaCrawler adalah mesin (pencari) Metasearch yang memadukan
bagian atas web hasil pencarian dari Google, Yahoo!, Bing (sebelumnya Live
Search), Ask.com, About.com, MIVA, Looksmart dan mesin pencari populer lainnya.
MetaCrawler juga menyediakan pilihan kepada pengguna untuk mencari gambar,
video, berita, yelow pages dan white pages. Ini digunakan untuk menyediakan
pilihan untuk mencari audio. MetaCrawler adalah merek dagang terdaftar dari
InfoSpace, Inc
MetaCrawler awalnya dikembangkan pada tahun 1994 di
University of Washington pada saat itu mahasiswa pascasarjana Erik Selberg dan
Profesor Oren Etzioni sebagai Selberg’s Ph.D. Qualifying Exam project. Ujian
kualifikasi proyek. Awalnya, diciptakan untuk menyediakan lapisan abstraksi
yang dapat diandalkan untuk Web awal mesin pencari seperti Webcrawler, Lycos,
dan Infoseek dalam rangka studi struktur semantik di Web. Namun, menjadi jelas
bahwa itu adalah layanan yang berguna dan memiliki sejumlah tantangan riset.
kelebihan : penemuan dari search engine selain metacrawler
diberikan tanda dari mana hasilnya itu didapat.
kekurangan : masih tergantung dengan raksasa search engine yang
lain.
BAIDU
Baidu, Inc. (Tionghoa: 百度; pinyin: Bǎidù, NASDAQ: BIDU)
biasa dikenal dengan sebutan Baidu didirikan pada 18 Januari 2000
merupakan perusahaan layanan web yang berpusat di Kampus Baidu yang terletak di Distrik Haidian, Beijing, RRC.[4]
Baidu menawarkan berbagai fasilitas, termasuk mesin
pencarian untuk situs web, file audio dan gambar dalam aksara Mandarin.
Layanan komunitas dan pencarian yang ditawarkan sebanyak 57 jenis termasuk
diantaranya Baidu Baike, sebuah ensiklopedi yang
dibangun secara kolaboratif.[5] Baidu didirikan pada
tahun 2000 oleh Robin Li dan Eric Xu. Mereka adalah warga RRC yang
belajar di luar negeri sebelum akhirnya kembali ke China. Pada Oktober 2012,
Baidu berada di peringkat 5 pada ranking Alexa Internet. Pada
Desember 2007, Baidu tercatat sebagai perusahaan China yang pertama kali
dimasukkan dalam indeks NASDAQ-100.
Pada Januari 2014, kapitalisasi pasar Baidu berdiri pada
nilai $55 billion. Merupakan satu dari perusahaan yang didirakan dari nol
terukses sepanjang sejarah bila dilihat dari kapitalisasi pasar, pendapatan,
pertumbuhan, dan pengaruh budaya.
Layanan Baidu menyediakan indeks 740 miliar lebih laman
internet, 80 miliar gambar, dan 10 miliar data mulimedia,
selain itu Baidu juga memasarkan produk ponsel pintar miliknya dengan nama
Changhong H5018.
Baidu juga memilikisi layanan ensiklopedia seperti
Wikipedia,dengan nama Baidu Baike (Tionghoa: 百度百科).
Terdapat kontroversi bahwa Baidu bekerjasama dengan pemerintah China dalam
program sensor. Baidu.com Inc. adalah merek terdaftar di Kepulauan Cayman.[6]
Kelebihan
1. Baidu Post
Bar menyediakan pengguna dengan permintaan masyarakat berbasis dicari untuk
bertukar pandangan dan berbagi pengetahuan dan pengalaman.
2. Baidu Berita
menyediakan link untuk pilihan lokal, berita nasional dan internasional
3. Cari MP3
Baidu menyediakan link yang dihasilkan algoritma untuk lagu dan file multimedia
lainnya yang disediakan oleh penyedia konten Internet.
4. Baidu
Ensiklopedi
5. Baidu
Internet Tv
Kekurangan
1. Untuk
pencarian tdk secepat google /yahoo
2. Bahsa
didominan oleh bahasa mandarin
3. Jangkauan
artikel/ berita yang dimuat lebih sedikit ditimbang dengan google
4. Penampilan
gambar pada baidu kurang jelas
5. Proteksi
dalam baidu bisa dibilang jelek
ALTAVISTA
PENGERTIAN ALTAVISTA
AltaVista adalah mesin pencari web yang dimiliki oleh Yahoo! AltaVista
pernah salah satu mesin pencari paling populer, tetapi popularitasnya menurun
dengan munculnya Google.
Pada tahun 2010, Yahoo! mengumumkan bahwa mereka berencana untuk
menghentikan situs tersebut. Situs itu ditutup selama 2011, dengan hasil yang
mengarahkan ke Yahoo! Search.
SEJARAH ALTAVISTA
AltaVista diciptakan oleh para peneliti di Digital Equipment
Corporation 's Western Research Laboratory yang mencoba untuk memberikan
layanan untuk membuat file penemuan tentang jaringan publik lebih mudah.
Walaupun ada beberapa perselisihan tentang siapa yang bertanggung
jawab atas ide asli,dua peserta kunci Louis Monier , yang menulis crawler , dan
Michael Burrows , yang menulis pengindeks . Nama AltaVista dipilih dalam
kaitannya dengan lingkungan perusahaan mereka di Palo Alto. AltaVista adalah
publik diluncurkan sebagai mesin pencari internet pada tanggal 15 Desember
1995 di altavista.digital.com.
AltaVista menyediakan layanan terjemahan bebas, bermerek Babel Fish , yang
secara otomatis menerjemahkan teks antara beberapa bahasa. Pada bulan Mei 2008,
layanan ini kembali dicap sebagai bagian dari Yahoo!
KELEBIHAN (+)
keunggulan dalam hal
pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio
lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
Altavista mampu menetapkan
berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
KEKURANGAN (-)
Dalam hal pencarian data
yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama
sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.
ALLTHEWEB
Keunggulan Alltheweb
adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTPadalah teknologi
internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan
file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan
untuk teks. Sejauhini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian
file. All The Web(www.alltheweb.com)Internet AllTheWeb adalah mesin
pencari yang berjaya pada pertengahan tahun 1999. Initumbuh keluar dari FTP
Search, Tor Egge doktor tesis di Norwegia Universitas Sains danTeknologi,
yang ia mulai pada tahun 1994, yang pada gilirannya
mengakibatkan pembentukan Cepat Cari dan Transfer didirikan pada 16 Juli
1997. Itu digunakanterutama sebagai bagian pertunjukan situs untuk FAST
perusahaan mesin pencari.Meskipun menyaingi Google dalam ukuran dan teknologi,
AllTheWeb tidak pernahmenjadi populer.
KELEBIHAN (+)
1. Kemudahan
dalam mencari.
2. Tampilan
yang sederhana seperti Google.
3. Alltheweb
langsung menyediakan fungsi untuk pencarian berita, musik, gambar, dan video.
4. Menu bantuan
terlihat jelas, dan di dalamnya tersedia sejumlah opsi bantuan yang banyak,
sehingga sekali lagi kemudahan tampak bagi si pengguna.
KEKURANGAN (-)
1. Pencarian
yang lama dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.
2. Halaman
pencarian hanya dibatasi dengan sebuah garis sehingga membingungkan si
pengguna.
3. Pada
link-link yang tidak berguna terkadang masih terlihat dalam beberapa hari,
sehingga terlihat kurang aktual. Hal ini menunjukan tidak cepatnya Allltheweb
melakukan update.
Lycos
Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada
informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas. Proyek Lycos diperkenalkan
pertama kali oleh Michael Loren Mauldin dari Universitas
Carnegie Mellon di Amerika Serikat pada tahun 1994, yang kemudian
berubah menjadi suatu perusahaan. Kemudian pada tahun 1995, Bob Davis bergabung
dan menjadi CEO dari perusahaan Lycos ini.
Sampai saat ini, Lycos merupakan mesin pencari yang paling
dikenal di Amerika Serikat
(top ke 25). Lycos juga mendapat ranking ke-5 dalam hal portal Internetnya, setelah Yahoo,
MSN,
AOL
dan MySpace.
Kelebihan Search Engine Lycos :
a.
Lycos mampu mencari data dengan cepat.
b.
Dalam hal pencarian cepat.
c.
Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi
kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan
lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
d.
Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.
e.
Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada
http://multimedia.lycos.com.
Kekurangan
Search Engine Lycos :
a. Untuk
mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map
karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
b. Sering
tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin
pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data.
LOOKSMART
Looksmart adalah
pelopor industri periklanan pencarian online. Didirikan pada tahun 1997, Look
Samrt salah satu search egine pertama menyediakan kemampuan internet pencari.
Selama bertahun-tahun, Look Smart telah menyediakan solusi pengiklannan
seperti, MSN, dan Ask adalah salah satu sponsor dari looksmart. Looksmart
berfokus pada menghubungkan pengiklan dan penayangan di jaringan pencarian
dengan kualitas tinggi tinggi.
Looksmart adalah salah
satu Search Egine pencarian iklan terbesar, pengolahannya lebih dari 2 milyar
query per hari. Look Smart melayani iklan berbasis teks yang berkualitas
tinggi. Look Smart menyediakan iklan itu secara langsung dengan beragam ribuan
pencarian pengiklannan berbayar. Yang paling penting Look Smart menghubungkan
pengiklanan dengan protokol jaringan yang berkualitas tinggi. Look Smart
berdiri dengan industri terkemuka dengan komitmen terhadap kualitas Protokol
Jaringan.
Kelebihan :
Menyediakan produk iklan pencarian dan layanan kepada pengiklan teks
Kekurangan :
Situs ini merupakan yang termasuk berbayar
ASK
Ask
yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia : “Tanyakan” adalah sebuah mesin
pencari yang berdiri seajak tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen di
California. Situs ini dapat mencari informasi secara detail, cara kerjanya
mirip google. Browser ini memiliki kemampuan untuk menguraikan data lebih
banyak serta menampilkan link lain yang masih memiliki hubungan yang relevan.
Ask mempunyai kemampuan simantik dan ekstraksi guna mengenali jawaban-jawaban
terbaik untuk pertanyaan user.
Cara
kerjanya tidak jauh beda dengan google, user tinggal memasukan keyword lalu
klik search. Maka user akan menemukan sederetan hasil beserta link yang
mengantar user menuju hasil yang masih relevan. Situs ini di lengkapi beberapa
tab yang di katagorikan dalam web, images, dsb.
Kelebihan:
- Keunggulannya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan yang diberikan
- Lebih canggih dan akan menampilkan lebih banyak informasi pada halaman pertama hasil pencarian ketimbang Google dan Yahoo!
- Background dari mesin pencari Ask.com ini bisa diganti-ganti
Kelemahan:
- Databasenya kecil
- Fitur kurang lengkap
- Dari segi tampilan di tinjau biasa saja karena lebih diandalkan dalam pencarian kata
- Pencarian kata tidak ada filtering sehingga data yang tidak dicari semua diambil
- Tidak adanya pengelompokkan data khususnya dalam pembukaan gambar.
AOL
AOL didirikan pada
tahun 1983 dengan nama Control Video Corporation (CVC). Produk tunggal AOL
adalah Gameline.
Pada tahun 1983, Steve
Case dipilih jadi konsultan pemasaran CVC atas rekomendasi kakaknya, banker
investasi Dan Case. bulan Mei 1983, Jim Kimsey menjadi konsultan manufaktur
Control Video, tapi dekat kebangkrutan. Kimsey dibawa oleh Frank Caufield
tanggal 24 Mei 1985, Control Video direorganisasi sebagai Quantum Computer
Services, Inc. dengan Kimsey sebagai CEO, dan Marc Seriff sebagai CTO.
Pada tahun 1985
meluncurkan layanan online khusus buat komputer Commodore 64 dan Commodore 128
dengan nama Quantum Link.
kelebihan :
1. download di
aol lebih cepat
2. bisa mwmbuat
surat elektronik
kekurangannya :
1. fiturnya
sangat kurang
2. dan mesin
pencarinya pun kurang akurat
BING
Bing (sebelumnya Live
Search, Windows Live Search, and MSN Search) merupakan situs mesin pencari web
(diiklankan sebagai “mesin pengambil keputusan/decision engine”) yang bernaung
di bawah bendera Microsoft. Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan
Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live
Search, Windows Live Search, dan MSN Search.
Mesin pencari ini
diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada
konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi
diluncurkan pada 1 Juni, menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live
Search.
Bing diciptakan dengan
menggunakan suatu teknologi, yakni PowerSet yang telah dibeli Microsoft pada
tahun 2008. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil
pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan
untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Skydrive, Facebook, dan
email. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu:
Web untuk pencarian halaman situs atau website.
Images untuk pencarian gambar.
News untuk pencarian berita.
xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna
Bing.
Pada tanggal 29 Juli
2009, Microsoft dan Yahoo! mengumumkan sebuah penawaran, dimana Bing akan
menggerakkan Yahoo! Search. Semua pengguna dan mitra Yahoo! Search diharapkan
telah mengalami transisi tersebut pada awal 2012.
Pada Oktober 2011,
Bing mengumumkan sedang mengerjakan infrastruktur pencarian baru, dengan tujuan
memberikan hasil pencarian yang lebih cepat dan sedikit lebih relevan bagi
pengguna. Teknologi pengindeksan baru yang dikenal sebagai “Tiger” ini telah
dimasukkan ke Bing secara global, sejak Agustus 2011. Pada Mei 2012, Bing
mengumumkan rancangan ulang lain ada mesin pencarinya yang mencakup “Bilah
sisi” (Sidebar), fitur sosial yang mencari pada jejaring sosial pengguna untuk
mendapatkan informasi yang relevan dengan kata kunci pencarian.
KELEBIHAN (+)
1. Mempunyai
fasilitas instant answer. Fasilitas ini merupakan salah satu inovasi performa
yang berhasil dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam sistem sehingga
memampukan Bing memberikan jawaban.
2. Hasil
pencarian image atau video dapat ditampilkan dan disaring secara detail.
Apabila pengguna melakukan pencarian situs atau halaman web yang berisi konten
image, maka Bing mampu menyajikan daftar hasil pencarian secara spesifik dan
detail.
3. Kotak detail
pada link hasil pencarian. Jika pada situs-situs mesin pencari lainnya,
pengguna harus mengklik link yang ditampilkan di halaman tersebut untuk
mengetahui isinya. Namun, pada Bing ini, pengguna tidak perlu mengklik link
lagi, tetapi hanya perlu mengarahkan kursor pada link tersebut untuk
menampilkan kotak detail. Melalui kotak detail inilah pengguna dapat menyimak
sekilas informasi tentang link tersebut.
4. Bing.com ini
mesin pencari yang sangat complet, semua yang Anda cari pasti ada.
5. Sistem
filternya bisa kita aktif kan ataudi non aktifkan, jadi anda bisa membuka situs
yang diblokir.
KEKURANGAN (-)
1. Tidak dapat
berhitung.
2. Fiturnya
tidak lengkap.
3. Bing.com
kurang di minati oleh pengguna.
4. Bing.com
kurang cepat dalam pencariannya.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar