Rabu, 05 November 2014

Cara Membuat Menu Horizontal di Blog

Cara Membuat Menu Horizontal di Blog

Menu horizontal, sangat penting peranannya baik dalam website atau pun blog. Menu horizontal sendiri adalah menu berupa link - link yang terpasang secara memanjang yang biasanya diletakan di bawah header atau di atas header atau kadang kadang ada juga yang keduannya menggunakkan menu horizontal.
Bagi sobat - sobat blogger yang menggunakan template yang tidak mendukung menu horizontal, tenang saja karena posting kali ini, saya mencoba untuk mencari source code dari menu horizontal tersebut. Dan allhamdulillah, saya menemukkannya dari CSS Menu Generator.
Memang, menu horizontal yang ada pada situs tersebut diperuntukkan untuk website. Dan cara - cara / petunjuk-nya pun adalah petunjuk untuk menempatkannya di website. Namun, sobat tidak perlu khawatir karena saya sudah pernah coba download, dan saya coba untuk menempatkannya di Blog ( Blogger / Blogspot ).
Banyak sekali pilihan menu horizontal yang dapat kita pilih dari situs tersebut. Namun, saya coba untuk memilih salah satunya. Dan alhamdullilah, saya jatuh hati pada menu horizontal ini :
Bagi sobat yang ingin menambahkan menu horizontal tersebut, silahkan ikuti langkah - langkah berikut ini :
  • Pertama - tama, masuk ke Akun Blog Sobat,
  • Klik Template dan Klik Edit HTML,
  • Selanjutnya, cari kode ]]></b:skin> (gunakan Ctrl + F), dan Copy Paste Code dibawah tepat di atas kode tersebut.
ul.menu {list-style-type:none;width:auto;position:relative;display:block;height:33px;font-size:.6em;background:url("https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiqmYlSeF2IgWAeV9bTo1wsXZ7pRowelblZW0qwDlFeILc-HrgZPIZ2-fXRKfRyRMAEobt6JVwrz-moShrbiBntu9ykqye3UQ3v4n5aRuUjFd0Osvc0EhzS9FoAMAbJaam7z5Dud4Bk-ow/s1600/bg.png") repeat-x top left;font-family:Verdana,Helvetica,Arial,sans-serif;border:1px solid #000;margin:0;padding:0;}ul.menu li {display:block;float:left;margin:0;padding:0;}ul.menu li a {float:left;color:#A79787;text-decoration:none;height:24px;padding:9px 15px 0;font-weight:normal;}ul.menu li a:hover,.current {color:#fff;background:url("https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiqmYlSeF2IgWAeV9bTo1wsXZ7pRowelblZW0qwDlFeILc-HrgZPIZ2-fXRKfRyRMAEobt6JVwrz-moShrbiBntu9ykqye3UQ3v4n5aRuUjFd0Osvc0EhzS9FoAMAbJaam7z5Dud4Bk-ow/s1600/bg.png") repeat-x top left;text-decoration:none;}ul.menu .current a {color:#fff;font-weight:700;}/*Garis Merah*/ul.menu.red{background-color:#B11718;}ul.menu.red li a:hover, .menu.red li.current {background-color:#DE3330;}

  • Setelah kode tersebut selesai ditambahkan, silahkan Save Template. 
Selanjutnya, Masuk ke Tata Letak dan ikuti langkah - langkah berikut :
  • Klik Tambah Gadget,
  • Lalu tambahkan Fungsi Pihak ke tiga HTML/Javascript,
  • Selanjutnya, Copy Paste Kode di Bawah,
<ul class="menu red">
  <li class="current"><a href="http://fileprofessional.blogspot.com/" target="_self">Home</a></li>
  <li><a href="http://fileprofessional.blogspot.com/p/about-me.html" target="_self">About</a></li>
  <li><a href="http://fileprofessional.blogspot.com/p/contact.html" target="_self">Contact</a></li>
  <li><a href="http://fileprofessional.blogspot.com/2012/04/tukar-link.html" target="_self">Tukar Link</a></li>
  <li><a href="" target="_self"></a></li>
</ul>
Keterangan :
Silahkan ganti tulisan berwarna biru dengan kata - kata yang sobat inginkan, dan ganti juga tulisan berwarna merah dengan link url sobat. 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar